Senin, 05 Desember 2022

Top Eleven Story

Top Eleven Story

11 Percakapan Bahasa Inggris Di Restoran


1 – Percakapan bahasa Inggris di restoran yang paling umum

Percakapan di bawah ini mengandung pertanyaan paling umum di restoran antara pelanggan dan pelayan. Dialog bisa dilakukan oleh 2 orang. 

Waitress : Hi. Welcome to our restaurant! Can I help you?
Pelayan : Hai. Selamat datang di restoran kami! Ada yang bisa saya bantu?

Agus : Hi. Thank you. Can I have a table for one please?
Agus : Hai. Terima kasih. Bisakah saya minta meja untuk satu orang?

Waitress : Of course. Let me show you! Please come this way.
Pelayan : Tentu saja. Mari saya tunjukkan! Silakan ke sini.

__ (Arriving the table)
(Tiba di meja) __

Agus : Can I see the menu, please?
Agus : Bisakah saya melihat menunya?

Waitress : Sure. Here you are.
Pelayan : Tentu. Ini dia.

Agus : Thank you. What is the most recommended food today?
Agus : Terima kasih. Makanan apa yang paling direkomendasikan hari ini?

Waitress : Green chili anchovy fried rice.
Pelayan : Nasi goreng ikan teri sambal hijau.

Agus : That sounds okay. I would like to have that.  
Agus : Kedengarannya oke. Saya pesan itu.

Waitress : What would you like to drink?
Pelayan : Anda mau minum apa?

Agus : Avocado juice, please.
Agus : Jus alpukat.

Waitress : Ok, please wait a moment while we are preparing your orders.
Pelayan : Ok, mohon tunggu sebentar sementara kami menyiapkan pesanan Anda.

__ (Waitress coming with the food)
(Pelayan datang dengan makanan) __

Waitress : Here you are. Enjoy your meal.
Pelayan : Ini dia. Selamat menikmati.

Agus : Thank you.
Agus : Terima kasih.

Waitress : Can I get you anything else?
Pelayan : Ada yang bisa saya bantu lagi?

Agus : The bill please.
Agus : Tolong tagihannya.

Waitress : That will be IDR65,000.
Pelayan : Semuanya jadi Rp65.000.

Agus : Here you are.
Agus : Ini dia.

Waitress : Thank  you! Have a great day!
Pelayan : Terima kasih! Semoga hari anda menyenangkan!

Agus : You too! Good bye!
Agus : Kamu juga! Selamat tinggal! 

2 – Percakapan bahasa Inggris di restoran dengan teman

Percakapan dibawah ini saat kamu akan memilih makanan apa yang akan dipesan. Dialog dilakukan oleh 3 orang. 

Sarah : The chicken noodle looks really good.
Sarah : Mie ayam terlihat sangat enak.

Linda : It is! I had that chicken noodle last time here. 
Linda : Benar! Saya makan mie ayam terakhir kali di sini.

Sarah : But the hot plate beef steak looks better. Have you tried this before?
Sarah : Tapi steak daging sapi hot plate kelihatan lebih enak. Sudahkah anda mencoba ini sebelumnya?

Linda : I don’t know. I haven’t tried it yet. What would you recommend?
Linda : Saya tidak tahu. Saya belum mencobanya. Apa yang akan anda rekomendasikan?

Waitress : I will recommend you to try our grilled tuna with cheese on top.
Pelayan : Saya rekomendasikan untuk coba tuna panggang kami dengan keju di atasnya.

Linda : That sounds good. I’ll have that.
Linda : Boleh juga. Saya pesan itu.

Waitress : Okay. Would you like an appetizer?
Pelayan : Oke. Apakah anda ingin makanan pembuka?

Linda : No, thank you.
Linda : Tidak, terima kasih.

Sarah : I think I also want the same menu as Linda. Grilled tuna please. But, please don’t add cheese for me. 
Sarah : Saya rasa saya juga ingin menu yang sama dengan Linda. Tolong tuna bakar. Tapi, tolong jangan tambahkan keju untuk saya.  

Waitress : Alright. Two grilled tuna, one with cheese and one with no cheese. Would you like an appetizer?
Pelayan : Baik. Dua tuna panggang, satu dengan keju dan satu lagi tanpa keju. Apakah Anda ingin makanan pembuka?

Sarah : No, I am fine.
Sarah : Tidak, saya baik-baik saja.

Waitress : What would you like to drink?
Pelayan : Anda mau minum apa?

Sarah : Just water.
Sarah : Air saja.

Linda : I’d like hot tea.
Linda : Saya ingin teh panas.

Waitress : Okay. Thank you. We’ll prepare your orders.
Pelayan : Oke. Terima kasih. Kami akan menyiapkan pesanan anda.

Sarah : Thank you.
Sarah : Terima kasih

3 – Percakapan di telepon untuk memesan tempat di restoran

Waitress : Asian food restaurant, how can I help you?
Pelayan : Restoran Asian food, ada yang bisa saya bantu?

Diki : Hello. I’d like to book a table for four people.
Diki : Halo. Saya ingin memesan meja untuk empat orang.

Waitress : Sure. When will you be coming here?
Pelayan : Tentu. Kapan anda akan datang ke sini?

Diki : We will need it for Saturday night.
Diki : Kami perlu untuk Sabtu malam.

Waitress : What time would you like exactly for the booking?
Pelayan : Jam berapa tepatnya anda ingin memesan?

Diki : We would prefer around 7.
Diki : Sekitar pukul 7.

Waitress : Fine. I can set you a table. Would you mind giving me your name?
Pelayan : Bagus. Saya bisa menyiapkan mejanya. Bisa beritahu saya nama anda?

Diki : Thank you. My name is Diki.
Diki : Terima kasih. Nama saya Diki.

Waitress : Okay. See you at 7 this Saturday night, Mr. Diki.
Pelayan : Oke. Sampai jumpa jam 7 malam sabtu ini Pak Diki.

Diki : Thank you so much for your help. Good bye.
Diki : Terima kasih banyak atas bantuan anda. Selamat tinggal.

Waitress : Good bye.
Pelayan : Selamat tinggal 

4 – Percakapan bahasa Inggris di restoran saat membayar di kasir

Bulan : Good afternoon. I would like to make a payment.
Bulan : Selamat siang. Saya ingin melakukan pembayaran.

Cashier : Yes, please. For what table number?
Kasir : Ya silahkan. Untuk nomor meja berapa?

Bulan : It’s table number 7.
Bulan : Meja nomor 7.

Cashier : Let me check for the bill first. Please wait for a while! The total is IDR350,000.
Kasir : Biar saya cek tagihannya dulu. Harap tunggu sebentar! Jumlahnya adalah Rp350.000.

Bulan : I would like to make the payment through an e-wallet.
Bulan : Saya ingin membayar melalui e-wallet.

Cashier : Okay. What is your e-wallet?
Kasir : Oke. Apa dompet elektronik Anda?

Bulan : It’s e-Dompet.
Bulan : e-Dompet

Cashier : Sure, we accept e-Dompet and you will get 30% off in terms and conditions.
Kasir : Tentu, kami menerima e-Dompet dan anda akan mendapatkan diskon 30% dalam syarat dan ketentuan.

Bulan : Love it!
Bulan : Saya suka itu!

Cashier : Please scan the QR code here and confirm the payment after the bill appears on your phone screen.
Kasir : Silahkan pindai kode QR di sini dan konfirmasi pembayaran setelah tagihan muncul di layar ponsel anda.

Bulan : Ok. Done.
Bulan : Baik. Selesai.

Cashier : Thank you and here is the receipt.
Kasir : Terima kasih dan ini struknya.

Bulan : Thank you.
Bulan : Terima kasih.

Cashier : You are welcome 
Kasir : Sama-sama. 

5 – Percakapan bahasa Inggris di restoran memesan makanan untuk dibawa pulang

Dewi : Excuse me.
Dewi : Permisi.

Waitress : How may I help you?
Pelayan : Ada yang bisa saya bantu?

Dewi : I want to make a takeaway, please.
Dewi : Saya ingin membuat pesanan untuk dibawa pulang.

Waitress : What menu do you want to takeaway, Miss?
Pelayan : Mau menu apa untuk dibawa pulang, Mbak?

Dewi : I want two seafood pad thai and two orange juice. 
Dewi : Saya ingin dua seafood pad thai dan dua jus jeruk.

Waitress : Okay. So, it’s two seafood pad thai and two orange juice. Any else, Miss?
Pelayan : Oke. Jadi, anda pesan dua seafood pad thai dan dua jus jeruk. Ada lagi, Mbak?

Dewi : Oh, I also want two mango puddings.
Dewi : Oh, saya juga ingin dua puding mangga.

Waitress : Sure.
Pelayan : Tentu.

Dewi : Where can I take the order?
Dewi : Dimana saya bisa mengambil pesanannya?

Waitress : You can take it at the cashier after payment and please wait about 15 minutes.
Pelayan : Anda dapat mengambilnya di kasir setelah pembayaran dan mohon menunggu sekitar 15 menit.

Dewi : Ok. Thank you.
Dewi : Baik. Terima kasih.

Waitress : You are welcome. 
Pelayan : Sama-sama 

6 – Percakapan bahasa Inggris memesan makanan di restoran dari rumah

Waitress : BBQ-Grill Restaurant, how can I help you?
Pelayan : Restoran BBQ-Grill, ada yang bisa saya bantu?

Caller : Hello, I’d like to order.
Penelpon : Halo, saya ingin memesan.

Waitress : For delivery or pick-up?
Pelayan : Untuk pengiriman atau ambil di tempat?

Caller : For delivery.
Penelpon : Untuk pengiriman.

Waitress : Could you tell me your address please?
Pelayan : Bisakah Anda memberitahu saya alamat anda?

Caller : Jalan Permata Indah, Blok X No. 12, Baturusa.
Penelpon : Jalan Permata Indah, Blok X No. 12, Baturusa.

Waitress : Is that an apartment or a house?
Pelayan : Itu apartemen atau rumah?

Caller : An apartment.
Penelpon : Apartemen.

Waitress : Ok, got it. What is your phone number?
Pelayan : Ok mengerti. Berapa nomor telepon anda?

Caller : 021-777-8888
Penelpon : 021-777-8888

Waitress : What would you like to order?
Pelayan : Apa yang ingin anda pesan?

Caller : I want one rib eye steak and two tenderloin steak.
Penelpon : Saya ingin satu steak iga dan dua steak tenderloin.

Waitress : Okay. one rib eye steak and two tenderloin steak. Would you like anything to drink?
Pelayan : Oke. satu steak iga dan dua steak tenderloin. Ingin pesan minuman?

Caller : No, thank you. That’s all.
Penelpon : Tidak, terima kasih. Itu saja.

Waitress : Okay. That will be IDR299,000.
Pelayan : Oke. Jadinya Rp299.000.

Caller : Oh wow. Why is it more expensive?
Penelpon : Oh wow. Kenapa lebih mahal?

Waitress : There is a delivery fee for IDR40,000.
Pelayan : Ada ongkir sebesar Rp40.000.

Caller : Oh I see. How long will it take to get to my home?
Penelpon : Oh begitu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah saya?

Waitress : About 30 minutes.
Pelayan : Sekitar 30 menit.

Caller : Okay. Thank you.
Penelpon : Baik. Terima kasih.

Waitress : Thank you for calling the BBQ-Grill Restaurant. Have a great evening.
Pelayan : Terima kasih telah menelepon Restoran BBQ-Grill. Semoga soremu menyenangkan. 

7 – Percakapan saat melakukan komplain atas makanan dan musik yang terlalu keras

Haris dan Vivi sedang makan malam di sebuah restoran. Haris komplain ke pelayan karena makanan yang dia pesan tidak sesuai. Sedangkan tanya meminta pelayan untuk mengecilkan volume musik yang terlalu berisik.

Waiter : Is there anything I can help you with?
Pelayan : Ada yang bisa saya bantu?

Haris : I ordered my fried rice with no chilli, and it burnt my tongue. It’s hot.
Haris : Saya memesan nasi goreng tanpa cabe, dan lidah saya terbakar. Pedas.

Waiter : I am sorry about that. We will replace your order immediately.
Pelayan : Saya minta maaf tentang itu. Kami akan segera mengganti pesanannya.

Haris : Okay, please.
Haris : Oke, tolong ya.

Waiter : How about your food Madam?
Pelayan : Bagaimana dengan makanan anda Bu?

Vivi : My food is great but I was just wondering if you could lower the music volume. It’s a little bit loud and hurts my ears.
Vivi : Makanan saya enak tapi saya hanya ingin tahu apakah anda bisa menurunkan volume musik. Suaranya agak keras dan bikin telinga sakit.

Waiter : Sure, I’ll take care of it. 
Pelayan : Tentu, akan saya atur.

Vivi : Thank you. 
Vivi : Terima Kasih.

Waiter : Is there anything else, Sir and Madam?
Pelayan : Apakah ada hal lain, Tuan dan Nyonya?

Haris : Could you bring the bill, please?
Haris : Bisakah anda membawa tagihannya?

Waiter : Sure. In a minute.
Pelayan : Tentu. Sebentar.

Haris : Thank you.
Haris : Terima Kasih. 

8 – Percakapan bahasa Inggris di restoran untuk meminta bill

Waiter : Good day, Sir. How may I help you?
Pelayan : Selamat siang, Pak. Bagaimana saya bisa membantu anda?

Haris : I want to make a payment. Can I have the bill please?
Haris : Saya ingin melakukan pembayaran. Bolehkah saya minta tagihannya?

Waiter : Sure. This is your bill, Sir.
Pelayan : Tentu. Ini tagihannya, Pak.

Haris : Do you accept credit cards?
Haris : Bisa bayar pakai kartu kredit?

Waiter : Yes, we accept credit cards, debit cards and also cash. 
Pelayan : Ya, kami menerima kartu kredit, kartu debit dan juga uang tunai.

Haris : Cool. I’d like to make a payment with my credit card.
Haris : Baik. Saya ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Waiter : Can I have your card?
Pelayan : Boleh saya minta kartunya?

Haris : Here you are.
Haris : Ini dia

Waiter : All paid. Thank you for lunch with us. Have a good day.
Pelayan : Sudah dibayar. Terima kasih sudah makan siang bersama kami. Semoga harimu menyenangkan.

Haris : You’re welcome.
Haris : Sama-sama 

9 – Percakapan di restoran saat pergi dengan seseorang

Waiter : Good evening. Welcome to D’green Restaurant. 
Pelayan : Selamat malam. Selamat datang di Restoran D’green.

Carlos : A table for two, please.
Carlos : Tolong meja untuk dua orang.

Waiter : Let’s come this way.
Pelayan : Mari lewat sini.

Carlos : Thank you.
Carlos : Terima kasih.

Waiter : Would you like to order now?
Pelayan : Apa anda mau pesan sekarang?

Carlos : What would you like, Moana?
Carlos : Mau pesan apa, Moana?

Moana : I’ll have tuna salad crispy mentai and ocha.
Moana : Saya mau tuna salad crispy mentai dan ocha.

Waiter : Tuna salad crispy mentai and ocha. What about you, Sir?
Pelayan : Tuna salad crispy mentai dan ocha. Bagaimana dengan anda, Tuan?

Carlos : I’ll have spicy beef curry udon and lemon tea please.
Carlos : Saya mau spicy beef curry udon dan lemon tea.

Waiter : Let me repeat your orders. One tuna salad crispy mentai, one spicy beef curry udon, one ocha and one lemon tea. 
Pelayan : Biarkan saya ulangi pesanan anda. Satu tuna salad crispy mentai, satu spicy beef curry udon, satu ocha dan satu lemon tea.

Carlos : Correct.
Carlos : Tepat sekali.

Waiter : Anything else you want to add?
Pelayan : Ada lagi yang ingin ditambahkan?

Moana : Nope.
Moana : Tidak

Carlos : I think that’s all.
Carlos : Saya rasa sudah semua.

Waiter : Okay. Your orders will be ready in 10 minutes.
Pelayan : Oke. Pesanan anda akan siap dalam 10 menit.

Carlos : Thank you.
Carlos : Terima kasih.

Waiter : You are welcome.
Pelayan : Sama-sama. 

10 – Percakapan di restoran saat pergi dengan dua orang teman

Waiter : Good evening ladies, welcome to Ojja, how may I help you?
Pelayan : Selamat malam mbak, selamat datang di Ojja, ada yang bisa saya bantu?

Elis : Can you set up a table for three please?
Elis : Bisakah anda mengatur meja untuk tiga orang?

Waiter : Sure. This way please.
Pelayan : Tentu. Silahkan lewat sini.

Elis : Thank you.
Elis : Terima kasih.

Waiter : Would you like to have a drink first?
Pelayan : Mau saya ambilkan minuman terlebih dahulu?

Monika : I want kiwi lemonade. 
Monika : Saya mau kiwi lemonade.

Siska : Can you get me a glass of water with ice separates please?
Siska : Bisa minta segelas air dengan es terpisah?

Elis : I want an ice corn tea, please.
Elis : Saya mau ice corn tea.

Waiter : Ok. Here’s the menu. I will be back soon with your drinks.
Pelayan : Oke. Ini menunya. Saya akan segera kembali dengan minuman anda.

Monika : What do you want to eat, Siska?
Monika : Siska, mau makan apa?

Siska : I think it would be great if we could have some menu and share.
Siska : Aku pikir akan lebih baik jika kita pesan beberapa menu dan berbagi.

Elis : I think it’s a great idea. What do you think, Monika?
Elis : Ide bagus. Bagaimana menurutmu, Monika?

Monika : I agree. Let’s choose together what to eat. I suggest hot crispy tteok.
Monika : Aku setuju. Mari pilih sama-sama mau makan apa. Aku sarankan hot crispy tteok.

Siska : With cheese?
Siska : Dengan keju?

Monika : No, without cheese. Let’s buy another one with cheese on top. How about beef ribs?
Monika : Tidak, tidak pakai keju. Mari beli yang lain dengan keju diatasnya. Bagaimana kalau beef rip?

Elis : Good choice. Let’s have it.
Elis : Pilihan bagus. Itu saja.

Waiter : Here are your drinks. So, do you want to order now?
Pelayan : Ini minumannya. Jadi, apakah anda ingin memesan sekarang.

Siska : Yes. We want one beef rib with cheese on top and one hot crispy tteok.
Siska : Ya. Kami ingin satu beef rib dengan keju diatasnya dan satu hot crispy tteok. 

Waiter : Ok. One beef rib with cheese on top and one hot crispy tteok. Any other?
Pelayan : Oke. Satu beef rib dengan keju diatasnya dan satu hot crispy tteok. Ada lagi?

Siska : No, that’s enough.
Siska : Tidak, itu saja. 

11 – Percakapan saat mengutarakan komentar di restoran (lanjutan percakapan 10)

Monika : Wow, the beef rib looks so delicious.
Monika : Wow, beef rib-nya terlihat sangat enak.

Siska : It is. Let’s eat.
Siska : Benar. Ayo makan.

Elis : Let me try the beef rib first. Hmmm, it’s good.
Elis : Sini aku coba beef ribnya dulu. Hmmm, ini enak.

Siska : Let me try it too. It tastes good but for me, the cheese is too salty.
Siska : Sini aku coba juga. Ini rasanya enak tapi bagiku kejunya terlalu asin.

Monika : Really? Let me eat it too. It’s not that salty for me, it’s just right.
Monika : Masa sih? sini aku makan juga. Kayaknya gak begitu asin lah, pas kok.

Siska : Well, I will eat the hot crispy tteok instead. 
Siska : Yah, aku makan hot crispy tteok aja deh.

Elis : How is it taste?
Elis : Bagaimana rasanya?

Siska : It’s not that spicy. I think we need more chillies in it. 
Siska : Kurang pedas. Aku pikir kita perlu tambahkan cabe.

Monika : Oh, Monika. Come on, I can’t stand spicy food.
Monika : Oh, Monika. Ayolah, Aku tidak kuat pedas.

Siska : Well, let’s ask for more chillies but only for me then.  
Siska : Ya sudah, mari minta cabe tapi buat aku aja. 


11 percakapan bahasa inggris di restoran di atas dapat membantu meningkatkan kemampuanmu untuk berbicara di restoran dalam bahasa Inggris. 

Sebelum berhadapan dengan situasi yang sebenarnya, kamu bisa mencari partner untuk latihan berbicara dengan menggunakan materi percakapan bahasa Inggris di atas. Jangan ragu pula untuk saling mengoreksi agar kamu bisa segera memperbaiki kesalahan.

 

 

Ad Placement